Cara Mengatasi Mimisan Terbaik

Cara Mengatasi Mimisan - Mimisan atau yang disebut juga sebagai epistaksi adalah pendarahan melalui lubang hidung, hal ini dapat dialami oleh siapa saja baik itu anak-anak, remaja, orang dewasa atau yang sudah lanjut usia.

Kejadian Mimisan atau epistaksis ini terjadi secara tiba-tiba atau spontan tanpa anda sadari penyebabnya, Penyebab mimisan ada dua yakni kelainan lokal pada hidung dan kelainan sistemik. Pada kelainan lokal hidung ini saya akan berikan sedikit contohnya yakni kelainan anatomi, masuk benda asing, infeksi pada hidung, tumor, pengaruh udara cuaca lingkungan, kelainan pembuluh darah, trauma dan lainnya.

Sedangkan contoh pada kelainan sistemik yaitu adanya kelainan darah, perubahan tekanan atmosfir, kelainan kongenital, kardiovaskuler, infeksi sistemik, kelainan hormonal dan lainya.

Cara Mengatasi Mimisan

Penyebab Mimisan

  • Infeksi pada Hidung - Mimisan dapat terjadi karena adanya infeksi pada hidung atau sinys paranasal contohnya sinusitis dan rinitis, atau juga dapat terjadi karena infeksi yang spesifik seperti tuberkulosis, sifilis, rinitis jamur, lepra, lupus dan lainya.
  • Tumor - Mimisan juga dapat terjadi atau timbul pada hemangioma dan karsinoma, dan lebih sering terjadi pada angiofibroma sehingga dapat menyebabkan mimisan dengan kondisi yang berat.
  • Pengaruh udara - Pada kategori ini memiliki cakupan yang cukup luas karena pengaruh udara dapat disebabkan banyak faktor seperti perubahan suhu udara atau cuaca, udara polusi yang dapat mengakibatkan infeksi pada hidung atau pun tekanan udara yang cukup tinggi hal ini semua dapat mengakibatkan terjadinya mimisan, perubahan saat kita pergi berjalan-jalan ke tempat yang berbeda iklim juga dapat mengakibatkan hal ini. zat kimia yang menjadi polusi dapat mengakibatkan keringnya mukosa hidung sehingga kita mengalami mimisan.
  • Kelainan Pembuluh Darah - Penyebab mimisan pada kategori Kelainan pembuluh darah ini sering terjadi karena kelainan kongenital atau bawaan dari lahir, yaitu kondisi yang dimana pembuluh darah lebih lebar, tipis, jaringan ikat dan sel-selnya memiliki jumlah yang lebih sedikit.
  • Trauma - Mimisan juga dapat terjadi karena penyebab trauma, saya akan memberikan sedikit contoh, pada saat kita mengorek hidung untuk membersihkanya, pasti akan terjadi benturan ringan, pada saat kita bersin atau pada saat kita berusaha mengeluarkan ingus dari hidung dengan terlalu kuat maka hal-hal ini dapat mengakibatkan terjadinya mimisan atau hal lainnya seperti terkena benturan atau pukulan, masuknya benda asing kedalam hidung dan lainnya.
  • Penyakit Kardiovaskuler - Pada penderita Hipertensi atau darah tinggi dan kelainan pembuluh darah seperti halnya yang terjadi pada arterioklerosis, siros hepatis, diabetes melitus dan nefritis kronik dapat menyebabkan mimisan. Akan tetapi mimisan yang terjadi karena penyakit darah tinggi atau hipertensi ini sering (tapi tidak selalu) mengalami mimisan yang hebar dan dapat berakibat fatal.
  • Kelainan Darah - Kelainan ini dapat seperti penyakit leukimia yang dimana sel darah putih lebih banyak dari sel darah merah sehingga sel darah putih menyerang sel darah merah karena jumlah sel darah putih yang tidak terkontrol atau tombosutopenia dan bermacam anemia dan hemofilia.
  • Kelainan Kongenital - pada kelainan ini yang sering mengakibatkan terjadinya mimisan adalah teleangiektasis hemoragik herediter yang juga sering perjadi pada willenbrand disease.

Cara Mengatasi Mimisan

  • Bila terjadi mimisan maka jangan berdiri, duduklah agar posisi hidung anda lebih tinggi dari posisi jantung anda, jangan tidur dengan posisi telentang karena aliran darah pada saat anda posis telentang akan mengakibatkan aliran darah anda menuju hidung sehingga bukan membantu berhentinya mimisan malah akan bertambah deras.
Setelah berhenti ada baiknya anda periksa kedokter apabila anda menyadari tidak adanya panas dalam, demam, perubahan cuaca atau tekanan udara melainkan karena adanya kelainan tubuh yang tidak anda sadari, maka anda harus mulai mencari tahu penyebabnya. Dan ingat mimisan pada penderita hipertensi karena akibat tingginya tekanan darah sebaiknya melakukan konsultasi dan pengecekan ke dokter.
Posted by: Yusrizal
Harga dan Spesifikasi Terbaru Updated at: 20.48